banner 160x600
banner 160x600
ADV Space 970x250

Pemerintah Nagari Pasar Tapan Salurkan BLT kepada 32 KPM

Pemerintah Nagari Pasar Tapan telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa kepada 32 keluarga penerima manfaat

PESSEL, BeritaBhayangkara – Pemerintah Nagari Pasar Tapan telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa kepada 32 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kantor Wali Nagari Pasar Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Propinsi Sumbar, Kamis (17/10/2024).

Sebanyak 32 KPM menerima BLT Dana Desa tahun 2024 di Nagari Pasar Tapan, yang terbagi di dua Kepala Kampung, setiap KPM menerima sebesar Rp900.000,- dengan rincian per bulannya Rp300.000,- terhitung dari bulan Agustus, September dan Oktober.

Pj. Wali Nagari Pasar Tapan Siskaneri, S.E., M.M., dalam sambutannya menjelaskan bantuan langsung tunai dana desa tahun 2024 ini merupakan program prioritas nasional pemerintah pusat melalui Kementerian Desa dan diperuntukkan bagi masyarakat yang terdiri dari para lanjut usia, janda serta tidak mempunyai penghasilan tetap.

Siskaneri juga menjelaskan bahwa sudah disalurkan BLT pada hari ini tidak seperti biasanya, sebelumnya setiap bulan disalurkan, namun karena ada perubahan anggaran baik di kecamatan maupun di nagari, jadi pihak pemerintah nagari harus menyelesaikan laporan perubahan terlebih dahulu.

“Alhamdulillah, dana sudah masuk ke kas nagari kemudian kita bisa salurkan dana BLT kepada 32 KPM, mulai dari bulan Agustus, September dan Oktober sebanyak Rp900.000,- per KPM dengan rincian per bulannya Rp300.000. Sekaligus kita bayarkan juga honorarium Guru TPQ, Imam Nagari, Kader Posyandu, Kader PPKBD & SUB PPKBD, Kader KPM dari bulan Agustus, September dan Oktober,” tutur Siskaneri.

Harapan Siskaneri , bagi masyarakat yang dapat BLT ini, dimanfaatkan dan dipergunakan dana tersebut untuk kebutuhan pokok sehari-hari, dan penuhi asupan makanan yang bergizi serta untuk berobat jika memang diperlukan tapi jangan dibelanjakan dana tersebut untuk yang tidak bermanfaat.

Hal senada juga disampaikan Ibu Hendriwati asal Kampung Pasar Belakang yang berusia 68 tahun kepada awak media ini, “Alhamdulillah sangat bersyukur sekali kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Nagari Pasar Tapan atas bantuan yang telah kami terima, bantuan ini sangat berarti dan bermanfaat untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, apalagi kami dengan keterbatasan umur serta serba kekurangan baik ekonomi maupun pekerjaan,” imbuhnya.

Turut hadir Pj. Wali Nagari, Siskaneri, S.E., M.M., Ketua Bamus, Rizmansul, Kepala kampung Pasar Bukit, Andi Zarzen, Kepala kampung Pasar Belakang, Pardiantoni, Staf Nagari Pasar Tapan, Bamus dan Staf Bamus, Guru TPQ, Imam Nagari, Kader Posyandu, Kader PPKBD & SUB PPKBD, Kader KPM serta penerima KPM. (Mayadi)