Polisi Humanis, Dit Samapta Polda Banten Sambang Dialogis

Personil Dit Samapta Polda Banten melakukan dialog kepada para pedagang
banner 120x600

BANTEN, Media-Bhayangkara.co.id – Dalam rangka percepatan dan mendukung pelaksanaan program quick wins Renstra Polri, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir, Msi melalui Dir Samapta Polda Banten Kombes Pol. Jondrial saat ini berorientasi kepada pemecahan masalah-masalah masyarakat (problem solver oriented) dengan aktif melakukan pendekatan dengan masyarakat yang lebih manusiawi (humanistic approach).

Dalam pelaksanaan Program Quick wins, merupakan salah satu pendukung kegiatan yang dilaksanakan melakukan pembinaan kepada masyarakat dan memberikan pelayanan prima serta memberikan sosialisasi hukum kepada masyarakat, tak lupa juga memberikan pesan kamtibmas kepada masyarakat, serta menjalin kemitraan dengan elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan instansi pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi, SIK, MH menjelaskan kepada awak media, Kamis, (10/01/2019) bahwa kegiatan yang dilakukan personil Dit Samapta Polda Banten bertujuan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan himbauan demi terwujudnya tertib sosial di masyarakat. Dijelaskannya, kegiatan tersebut dilaksanakan Polwan Polda Banten di lokasi Pasar Kalodran, senin, (09/01/2019), tambah AKBP Edy Sumardi.

Polisi Sebagai Penggerak Revolusi Mental dan Pelopor Tertib Sosial di Ruang Publik ini diharapkan lahirnya polisi sipil yang humanis, terutama di jajaran Polda Banten. Seperti dikatakan Sir Robert Mark di era modern senjata polisi bukan lagi water canon, gas air mata ataupun peluru karet, melainkan simpati dari masyarakat. Terciptanya simpati masyarakat ini hanya bisa diraih dari keberadaan polisi yang humanis di berbagai lini kehidupan sosial masyarakat, jelas Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi, SIK, MH.

Pada kegiatan tersebut, AKBP Edy Sumardi menjelaskan personil Dit Samapta Polda Banten melakukan dialog kepada para pedagang untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap peredaran uang palsu dan menghimbau kepada tukang becak agar selalu berhati hati saat membawa penumpang.

Dengan adanya interaksi yang terus menerus tersebut polisi akan bisa senantiasa berupaya untuk mengurangi rasa ketakutan masyarakat terhadap akan adanya gangguan kriminalitas dan lebih bisa mengutamakan pencegahan kriminalitas (crime prevention) berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya, papar AKBP Edy Sumardi.

Selama pelaksanaan kegiatan Quick Wins 6 situasi, Masyarakat menyambut hangat personil Dit Samapta Polda Banten di area Pasar Kalodran dan situasi tetap kondusif aman dan tertib.

(D.M/MB-BP)