Wujud Kepedulian Mematuhi Penerapan New Normal, Nagari Batang Arah Tapan Bagikan BLT Dana Desa Door To Door

Door to door pemerintah nagari Batang Arah, Kecamatan BAB Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, melakukan penyaluran bantuan langsung tunai
banner 120x600

PESSEL, BeritaBhayangkara.com – Secara door to door pemerintah nagari Batang Arah, Kecamatan BAB Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, melakukan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (DD) tahap II kepada warga miskin yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan.

Dalam penyaluran BLT Dana Desa tersebut turut dihadiri, Walinagari, Bamus, perangkat wali, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta warga penerima BLT tahap II, pada Kamis, (11/06/2020) kepada 132 kepala keluarga (KK).


Diterangkan Alhadi selaku Walinagari Batang Arah melalui Seknag Arianto, bahwa dalam rangka percepatan penanggulangan wabah Covid 19, Pemerintah Republik Indonesia telah memberikan bantuan sosial kepada warga terdampak covid- 19 melalui dengan program bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa (BLT-DD).

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah, yang memberikan bantuan sosial kepada warga terdampak Covid-19 khususnya di nagari Batang Arah, melalui program BLT dari dana desa, telah dibagikan selama dua hari berturut-turut, salah satu kriteria warga penerima BLT- DD adalah warga yang tidak masuk dalam program bantuan seperti BSPS PKH/Non PKH maupun kartu penyangga ekonomi (KPE) Kabupaten serta bantuan sosial tunai (BST) Provinsi,” cakap Arianto.

Lanjut Arianto, bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa tersebut diberikan kepada masyarakat terdampak covid-19, satu KK sebesar Rp 600.000 setiap bulannya, yang diberikan selama tiga bulan.

“Bantuan BLT-DD di berikan selama 3 bulan, dengan besaran per KK Rp. 600.000,- per satu bulan, diharapkan agar bantuan ini dapat meringankan beban hidup masyarakat serta digunakan sebaik mungkin disaat wabah Covid 19,” cakapnya.

Bantuan langsung tunai dana desa (BLT- DD) yang dianggarkan tahun 2020, kini sudah direalisasikan oleh pemerintah wali nagari Batang Arah, kepada 132 kepala keluarga (KK) terdampak Covid-19.

Pembagian tersebut dilakukan dengan cara door to door kesetiap rumah penerima manfaat, tujuannya, untuk mempermudah warga dalam menerima bantuan tersebut, sesuai protokoler Kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 saat pemberlakuan New Normal di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Alhamdulillah pada hari Rabu dan Kamis kemarin, kita sudah merealisasikan BLT- DD kepada 132 KK masyarakat terdampak Covid-19 dengan cara door to door ke rumah penerima manfaat,” ujar Arianto, Seknag Batang Arah kepada media ini di kantornya, Jumat (12/06/2020).

Lanjut Arianto, kenapa pembagian tersebut dilakukan secara door to door, karena pihaknya ingin melihat kondisi warga penerima manfaat yang sebenarnya.

Arianto kembali berharap, semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi warganya dan dapat meringankan beban ekonomi dimasa covid- 19 yang mewabah saat ini, kesehatan harus dijaga, sering cuci tangan dan belanjakan BLT-DD yang telah diterima untuk membeli makanan yang bergizi.

“Insya Allah pembagian berikutnya akan kita lakukan secara door to door kembali, semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, kita harapkan BLT- DD yang diterima dibelikan makanan yang bergizi,” himbau Arianto kepada warganya.

Sementara itu, Arianto juga mengatakan kepada media ini, pemerintah nagari Batang Arah, selain menyalurkan BLT- DD, pihaknya juga telah membagikan masker sebanyak 500, terdiri dari dua kampung yang ada di nagari Batang Arah.

“Selain menyalurkan BLT- DD, kita juga membagikan masker sebanyak 500 terdiri dari dua kampung yang ada di kenagarian Batang Arah ini,” Pungkas Arianto, Seknag Batang Arah sambil mengakhiri ucapnya.

Di tempat terpisah, salah seorang warga penerima BLT- DD tahap dua bernama Desmayenti warga kampung pasa 60 mengatakan sangat senang mendapatkan BLT, dia berjanji akan mempergunakan sebaik mungkin di musim covid- 19.

“Saya berjanji akan mempergunakan bantuan ini dengan sebaik mungkin, saya senang sekali, adanya perhatian pemerintah kepada kami disaat mewabahnya virus corona saat ini,” katanya.

(Mayadi)

DMans
[better-ads type='banner' banner='53227' ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *