Polres Pesisir Selatan Tanam 3000 Mangrove Cegah Abrasi Pantai

Polres Pesisir Selatan melakukan penanaman Mangrove bersama Forkopimda Pesisir Selatan, dan Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Produksi
banner 120x600

PESSEL, BeritaBhayangkara.com – Polres Pesisir Selatan melakukan penanaman Mangrove bersama Forkopimda Pesisir Selatan, dan Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Pesisir Selatan, di lokasi Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan pada Jumat (21/2).

Pada penanaman 3000 pohon mangrove jenis Rhizophora pagi itu, sekira pukul 09.00 Wib, dilakukan secara simbolis oleh Kapolres Pessel AKBP Cepi Noval, S.I.K. bersama Forkompimda, serta Kepala KPHP Pessel Mardianto dan Ketua Bhayangkari Polres Pesisir selatan.


Ketua KPHP Pessel Mardianto, mengapresiasi pelaksanaan penanaman pohon mangrove yang dilaksanakan oleh Kapolres Pessel, beserta jajaran Polres Pessel, dengan penanaman mangrove berarti juga kita bersama ikut menjaga ekosistem lingkungan.

“Seperti diketahui bersama, jika Kabupaten Pesisir selatan memiliki pantai yang panjang, positif dalam rangka mencegah abrasi pantai,” ucap Mardianto.

“Muda – mudahan dengan penanaman ini, ekosistem lingkungan seperti kepiting, udang bisa dijaga. Sekaligus membantu peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Mardianto.

Sementara itu Kapolres Pessel AKBP Cepi Noval S.I.K usai melakukan penanaman pohon mangrove, menuturkan bahwa giat ini dalam rangka Polri peduli penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir, khususnya di Amping Parak, Kecamatan Sutera, dan umumnya di Pesisir Selatan.

Dikatakan Cepi bahwa penanaman pohon mangrove selain penghijauan dan penahan abrasi juga untuk menjaga ekosistem biota laut. Di lokasi penangkaran penyu Amping Parak, Kecamatan Sutera.

“Ini adalah salah satu bentuk kepeduluan Polri betapa pentingnya penghijauan yang merupakan program Kapolri, melalui Kapolda Sumbar, hari ini kita dapat laksanakan penanaman pohon Magrove di seluruh wilayah Indonesia yang berfungsi meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres berpesan, agar tanaman Magrove dijaga bersama-sama dan penanamannya dilakukan secara berkesinambungan agar tetap terjaga.

“Harus ada tindak lanjut dari masyarakat dan peduli lingkungan tentang kelestarian Mangrove sehingga apa yang di harapkan kita semua tercapai,” harap Kapolres.

Turut hadir pada acara penanaman Magrove tersebut Wakapolres Pessel Kompol Taufik Isra, Kabag, Kasat, Kapolsek, Camat, Wali Nagari ikut berpartisipasi melakukan penanaman 3000 pohon mangrove bersama pelajar SMA dan Sekolah Dasar (SD). Selain melakukan penanaman mangrove, Kapolres Pessel juga melepas dua ekor penyu yang ada di penangkaran penyu amping parak ke laut lepas.

(Mardoni)

DMans
[better-ads type='banner' banner='53227' ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *