Patroli Misi Kesehatan Masyarakat Polsek Kawasan Kalibaru, Dasar Keadilan Sosial

  • Whatsapp
Polsubsektor Kawasan Marunda jajaran Polsek Kawasan Kalibaru melaksanakan patroli dialogis pencegahan wabah Virus Covid-19 adalah

JAKARTA, BeritaBhayangkara.com – Kesehatan masyarakat adalah “tenda besar” utama. Ada kebutuhan mendesak untuk mengembangkan perspektif kesehatan masyarakat pada lebih banyak orang untuk menangani berbagai masalah yang mengancam kesehatan saat ini. Meskipun banyak perbaikan dalam kesehatan dan kondisi yang mempromosikan kesehatan dalam beberapa tahun terakhir, ada beberapa bidang yang sangat memprihatinkan. Ini termasuk kerusakan pasokan air global; tekanan pada persediaan makanan dunia dan kelaparan yang diakibatkan jutaan orang setiap hari; pemanasan bumi dan dampak negatifnya terhadap lingkungan alam; bencana buatan manusia terkait dengan industrialisasi yang membuat orang tidak perlu terkena racun dan cedera; perang yang menyebabkan jutaan orang kehilangan tempat tinggal dan tanpa makanan, air, dan tempat tinggal yang memadai serta lingkungan sosial yang stabil tempat tinggal dan membesarkan anak-anak; dan kesenjangan akses ke sumber daya yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Bagi banyak orang, masalah ini mungkin tampak jauh – kesulitan yang hanya terjadi di negara-negara lain dan bagian dunia – tetapi mereka ada di sini atau berdampak pada kita secara tidak langsung.

Yang mendasari misi Polsubsektor Kawasan Marunda jajaran Polsek Kawasan Kalibaru melaksanakan patroli dialogis pencegahan wabah Virus Covid-19 adalah komitmen terhadap keadilan sosial karena mengasumsikan bahwa semua orang layak mendapatkan kondisi sehat untuk hidup — tidak hanya orang kaya, tetapi orang-orang dari semua pendapatan; tidak hanya yang muda atau yang tua, tetapi orang-orang dari segala usia; tidak secara eksklusif ras atau etnis mayoritas, tetapi orang-orang dari semua ras dan etnis. Kesehatan masyarakat adalah pemimpin dan memainkan peran integral dalam melaksanakan kewajiban sosial ini. Karena alasan ini, kesehatan masyarakat sering dikaitkan dengan mengadvokasi dan menyediakan layanan bagi mereka yang kurang beruntung secara struktural — mereka yang memiliki kekuasaan paling kecil dalam keadaan sosial mereka.

Bacaan Lainnya

Keadilan sosial adalah dasar dari kesehatan masyarakat. Ini adalah pernyataan yang mengingatkan kita bahwa kesehatan masyarakat memang masalah publik, bahwa pola-pola sosial penyakit dan kematian, kesehatan dan kesejahteraan, integritas tubuh dan disintegrasi, secara erat mencerminkan cara kerja tubuh politik untuk kebaikan dan untuk penyakit. Ini adalah pernyataan yang meminta kita, secara langsung, untuk mengingat bahwa penurunan dramatis di seluruh dunia – dan ketidaksetaraan yang terus berlanjut – dalam hal angka kematian dan kesakitan menunjukkan kemenangan dan kekalahan dari gerakan sosial untuk menciptakan dunia yang adil, peduli, dan inklusif seperti yang mereka lakukan prestasi dan tantangan yang belum terselesaikan dari penelitian dan teknologi ilmiah.

Kapolsek Kawasan Kalibaru Kompol Ahmad Eka Perkasa, S.I.K. menyatakan bahwa keadilan sosial adalah dasar dari kesehatan masyarakat adalah untuk memanggil dan memelihara semangat manusia yang tak terkalahkan yang membuat begitu banyak dari kita untuk memasuki bidang kesehatan masyarakat di tempat pertama: semangat yang memiliki keinginan kuat untuk membuat dunia tempat yang lebih baik, bebas dari kesengsaraan, ketidakadilan, dan penderitaan yang dapat dicegah, sebuah dunia tempat kita semua bisa hidup, mencintai, bekerja, bermain, sakit dan mati dengan harga diri kita yang utuh dan kemanusiaan kita dihargai.

Dalam hal ini, patroli dialogis pencegahan oleh Anggota Polsubsektor Kawasan Marunda Bripka Mashuri menyambangi PT. GTM dan bertemu dengan security serta memberikan himbauan protokol kesehatan pencegahan penularan wabah penyakit virus corona (covid – 19). Personil Polsubsektor Bripka Mashuri menyampaikan agar selalu menggunakan masker dan mengutamakan protokol kesehatan dalam memasuki fase new normal.

Sementara itu, Kapolsubsektor Kawasan Marunda Iptu Susanto yang melaksanakan kunjungan di dermaga KTB juga memberikan himbauan kepada pengemudi truk yang akan memuat barang dan menyampaikan pesan kamtibmas serta menyarankan tetap mematuhi aturan kesehatan dengan selalu menggunakan masker, ungkapnya.

(Damar)

Pos terkait