Wakasad: Menjadi Organik Kodam XVIII/Kasuari, Pimpinan TNI AD Akan Beri Penghargaan Kenaikan Pangkat dan Prioritas Pendidikan

  • Whatsapp
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Moch. Fachrudin, S.Sos. saat memberikan dalam pengarahan kepada para prajurit

MANOKWARI, BeritaBhayangkara.com – Saat ini ada sembilan satuan tugas (Satgas) dari jajaran Kostrad dan Kodam yang juga sedang melaksanakan tugas operasi di Papua. Jalin kerja sama yang baik dengan Satgas-satgas lainnya. Kemudian untuk personel BKO Teritorial ini yang berkeinginan menjadi organik Kodam XVIII/Kasuari, akan mendapatkan penghargaan dari pimpinan TNI AD, yaitu prioritas pendidikan dan kenaikan pangkat.

Hal ini diungkapkan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Moch. Fachrudin, S.Sos. saat memberikan dalam pengarahan kepada para prajurit yang tergabung dalam Satuan Bawah Kendali Operasi (Satuan BKO) Teritorial Gelombang III TA 2020, Senin (13/7/2020) di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu Wakasad juga menyampaikan bahwa pembentukan Kodim dan Koramil baru adalah bagian dari tindak lanjut kebijakan strategis guna pemerataan gelar kekuatan TNI AD. Terkait itu, kehadiran personel Satuan BKO Teritorial ini memiliki peranan yang sangat penting guna mewujudkan kebijakan tersebut, yakni melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah, dengan prioritas tugas menyiapkan lahan Kodim, koordinasi dengan tokoh masyarakat, dan perekrutan putra daerah menjadi Prajurit TNI.

“Selain itu juga menjaga stabilitas kemanan, melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan, membantu pemerintah daerah menyiapkan rakyat sebagai kekuatan pendukung, dan melakukan pemantauan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam dan kerusuhan sosial,” kata Wakasad.

Lebih lanjut dikatakan, setiap personel Satuan BKO dalam pelaksanaan tugas di daerahnya masing-masing hendaknya mengetahui persis apa dan bagaimana penerapan 5 Kemampuan Teritorial yang benar dan optimal.

“Samakan persepsi dan tindakan dalam berinteraksi dengan masyarakat, serta kenali dan hormati karakteristik dan budaya setempat,” kata Wakasad Letjen TNI Moch. Fachrudin.

Selanjutnya Wakasad berpesan kepada 411 orang personel Satuan BKO Teritorial Kodam XVIII/Kasuari untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugasnya, yakni tingkatkan keimanan dan ketakwaan, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 wajib TNI.

Selanjutnya mereka juga dipesankan agar selalu mengingat keluarganya, mengutamakan keamanan dan keselamatan diri, serta mematuhi aturan dan prosedur tetap (Protap) yang berlaku.

Selain itu, para personel Satuan BKO juga diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan, kebersihan, dan pola hidup yang sehat, utamanya terkait dengan wabah Covid-19.

“Lakukan pendekatan secara humanis, junjung tinggi HAM, dan jauhi arogansi selama bertugas,” sambung Wakasad.

Cikal Bakal Kodim Organik

Sebelumnya, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P. M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa 411 orang personel Satuan BKO Teritorial Gelombang III TA. 2020 Kodam XVIII/Kasuari itu berasal dari berbagai Kotama jajaran TNI AD se Indonesia, yaitu dari Kodam I/Bukit Barisan sebanyak 59 orang, Kodam II/Sriwijaya (40), Kodam III/Siliwangi (42), Kodam IV/Diponegoro (56), Kodam V/Brawijaya (62), Kodam VI/Mulawarman (22), Kodam IX/Udayana (19), Kodam XII/Tanjungpura (13), Kodam XIII/Merdeka (22), Kodam XIV/Hasanuddin (22), Kodam Jaya (30), dan dari Kodam Iskandar Muda (24).

Setelah selesai menerima pembekalan, personel Satuan BKO Teritorial ini selanjutnya akan ditugaskan di wilayah satu Kodim organik dan enam Kodim persiapan, yaitu bertugas ke Kodim 1806/Teluk Bintuni sebanyak 59 orang, Kodim persiapan Sorong Selatan (59), Kodim persiapan Maybrat (59), Kodim persiapan Tambrauw (59), Kodim persiapan Manokwari Selatan/Mansel (58), Kodim persiapan Pegunungan Arfak/Pegaf (58), dan Kodim persiapan Teluk Wondama (59).

“Enam Kodim Persiapan tersebut merupakan cikal bakal Kodim organik di jajaran Kodam XVIII/Kasuari,” ucap Pangdam.

Acara pengarahan Wakasad kepada personel Satuan BKO Teritorial ini selain dihadiri Kasdam XVIII/Kasuari, Danrem 181/PVT, Irdam XVIII/Kasuari, Kapok Sahli Pangdam XVIII/Kasuari, para Asisten dan Kabalakdam XVIII/kasuari, juga para pejabat Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) yang ikut dalam rombongan kunjungan kerja Wakasad ke Kodam XVIII/Kasuari, yakni Waasintel Bidang Binintel, Waasops Bidang Siapops, Waaslat Bidang Latihan, Waaspers Bidang Binpers, Waaslog Bidang Bekpalkes, Waaster Bidang Ren dan Puanter, Pabandya-3/Binturjuk Spaban I/Ren Sterad, serta Sespri, Dokter Pribadi, dan ADC Wakasad.

(Damar)

Pos terkait