Satgas Yonif 143/TWEJ Adakan Penyuluhan Bahaya TBC dan Layanan Kesehatan di Perbatasan RI

Satgas Yonif 143/TWEJ berinisiatif menggandeng Puskesmas Ubrub untuk memberikan penyuluhan tentang bahaya penyebaran penyakit TBC
banner 120x600

PAPUA, BeritaBhayangkara – Tuberkulosis atau TB adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam paru-paru yang mengakibatkan pengidapnya mengalami sesak nafas disertai batuk kronis.

Penyakit yang menduduki peringkat kedua dalam daftar penyakit paling banyak menyebabkan kematian setelah Covid-19 meski penyakit ini menular, namun demikian TB dapat disembuhkan dengan penanganan yang tepat.

Mengingat hal ini, Satgas Yonif 143/TWEJ berinisiatif menggandeng Puskesmas Ubrub untuk memberikan penyuluhan tentang bahaya penyebaran penyakit TBC sekaligus memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di Kampung Unggalom, Distrik Web, Kab. Keerom, Papua, Rabu (21/6/2023).

Dalam keterangannya Danpos Unggalom Letda Ckm Eisa Fatwa Widiatama mengatakan, hari ini Satgas bersama Puskesmas Ubrub mengadakan layanan kesehatan dan penyuluhan bahaya penularan penyakit TBC yang merupakan penyakit menular dan mematikan apabila terlambat penanganannya.

“Satgas berharap dengan adanya kegiatan ini ke depan masyarakat menjadi lebih berhati-hati dan segera memeriksakan diri apabila mengalami gejala yang mengarah pada penyakit tersebut sebagai langkah deteksi dan cegah dini menularnya penyakit yang sangat berbahaya ini,” jelas Danpos.

Kegiatan sosial yang berkolaborasi dengan Puskesmas setempat ini mendapat respons dan tanggapan yang positif dari masyarakat, mereka begitu antusias mengikuti penyuluhan dan pengobatan yang diberikan secara geratis kepada masyarakat yang mengalami keluhan kesehatan.

“Satgas menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa berperilaku hidup yang bersih dan sehat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, walaupun TBC merupakan penyakit menular dan membahayakan namun masih dapat disembuhkan dengan perawatan yang intensif,” tambah Danpos.

Sementara itu di lain pihak, Bapak Philipus Yemel (59) Ondo Api Kampung Unggalom menyatakan senang sekali yang mana warga sangat terbantu dengan adanya penyuluhan dan pengobatan gratis dari Satgas yonif 143/TWEJ yang bekerjasama dengan tim kesehatan Puskesmas Ubrub.

“Saya sangat berterima kasih kepada bapak TNI dan Puskesmas Ubrub yang telah memberikan penyuluhan tentang bahaya penyakit TBC sehingga menambah wawasan pengetahuan warga,” ucapnya.

“Layanan kesehatan ini juga diberikan secara gratis untuk membantu dan menjaga kesehatan warga, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Bapak TNI,” tambahnya.

Autentifikasi : Pen Satgas Yonif 143/TWEJ

[better-ads type='banner' banner='53227' ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *