Media-Bhayangkara.com
BERITA FAKTA, TRANSPARANSI, SETIA, SESUAI ASAS EQUALITY BEFORE THE LAW DENGAN FAKTA YURIDIS

~ AD SKY 160x600 ~

~ AD SKY 160x600 ~

Daftar 12 Kementerian/Lembaga dan BUMN Peraih Penghargaan dan Apresiasi Layanan Informasi Mudik 2019

0 57
JAKARTA, BeritaBhayangkara.com – Kantor Staf Presiden, Kementerian Kominfo, dan Komisi Informasi Pusat menganugerahkan penghargaan kepada 12 kementerian/lembaga dan BUMN yang dinilai memberikan informasi yang informatif, inovatif, dan responsif, terhadap masyarakat pengguna layanan mudik 2019. Penghargaan diberikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua KIP Gede Narayana, dan Sekjen Kominfo Niken Widiastuti di Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden, Jumat, 19 Juli 2019.

Enam lembaga/BUMN yang meraih penghargaan dari KIP adalah Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, BMKG, PT Jasa Marga, PT Pertamina, dan PT Kereta Api Indonesia. Sedangkan enam lainnya yang mendapatkan piagam apresiasi adalah PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT ASDP Indonesia Ferry, Korlantas Polri, Pelindo III, dan PT Pelni.

“Saya sampaikan selamat kepada para pemenang penghargaan. Saya mengapresiasi sejumlah Kementerian, Lembaga, BUMN, yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam melaksanakan perintah Presiden: Pelaksanaan mudik yang makin baik. Mudah-mudahan tahun depan tidak hanya 12 lembaga, tetapi lebih banyak lagi,” kata Moeldoko dalam sambutannya.

Sedangkan Sekjen Kominfo Niken Widiastuti menegaskan, informasi yang menjadi kunci dari penyelenggaraan mudik yang makin baik. Hal senada diamini oleh Ketua Komis Informasi Pusat Gede Narayana.

Penilaian terhadap penghargaan dilakukan oleh KIP, KSP, dan Kominfo melalui survei, monitoring lewat portal infomudik.go.id, dan kunjungan lapangan. Penganugerahan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas informasi arus mudik lebaran di tahun berikutnya bagi lembaga-lembaga publik yang melayani arus mudik.

Kantor Staf Presiden sejak 2018 juga mengembangkan portal www.infomudik.go.id sebagai wadah informasi kegiatan arus mudik teraktual. Materi informasi dihimpun dari lintas Kementerian, Lembaga dan BUMN terkait dengan kegiatan mudik lebaran antara lain dari Kementerian Kominfo, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kepolisian RI, BMKG, Basarnas, RRI, PT Pertamina, PT Jasa Marga, PT Bina Marga, PT Waskita Karya, PT ASDP, PT KAI, PT Hutama Karya, PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT Pelni, PT Pelindo I, PT Pelindo II, PT Pelindo III, dan PT Pelindo IV.

Pengembangan Infomudik.go.id

Kantor Staf Presiden mengembangkan portal info mudik sejak tahun 2018, mengerahkan Tim Kedeputian I dan IV ke lapangan untuk memastikan kesiapan infrastruktur di tol Trans Jawa, Tol Trans Sumatera, Tol Balikpapan – Samarinda, Tol Manado – Bitung dan fasilitas umum di sepanjang jalur mudik non tol lainnya. Sebagaimana arahan Presiden untuk melakukan inovasi, perbaikan dan penyempurnaan pelayanan mudik dari tahun ke tahun sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Tahun ini kanal yang disajikan infomudik.go.id pun semakin lengkap dan memenuhi kebutuhan pemudik diantaranya adalah informasi jalur mudik terbaik yang bekerjasama dengan Google Indonesia, Tur Trans Jawa yang berisi informasi kuliner dan tempat wisata di sepanjang jalur mudik, informasi lokasi top up kartu tol, live streaming jalur mudik, lokasi SPBU, informasi cuaca oleh BMKG, berita penting termasuk informasi satu arah, penutupan jalan, perubahan arah lalu lintas, informasi mudik gratis serta pojok anak.

Dengan dukungan penuh Kementerian, Lembaga dan instansi terkait hingga H+7 lebaran, portal infomudik.go.id di tahun ini terus mengalami peningkatan jumlah pengakses setiap harinya. Portal infomudik.go.id akan terus dikembangkan menjadi portal utama informasi mudik lebaran yang teraktual dengan fitur yang inovatif. Keberhasilan portal infomudik.go.id selain mengalami peningkatan dalam jumlah pengakses, juga terbukti mampu menurunkan angka berita hoax.

Pewarta: Manurung

Comments
Loading...

You're currently offline