Opini  

Kombes. Pol. Budhi Herdi Susianto, S.H., S.I.K., M.Si. Adalah Pemimpin yang Melayani Rakyat, Bukan Meninggikan Diri

Kombes. Pol. Budhi Herdi Susianto, S.H., S.I.K., M.Si. Adalah Pemimpin yang Melayani Rakyat, Bukan Meninggikan Diri
banner 120x600

Oleh: Daniel Manurung

Mulai dari mendengarkan, observasi, menganalisis, dan sampai menulis kabar ini, di mana Budhi Herdi Susianto, sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan dinonaktifkan dengan harapan pengusutan kasus yang menewaskan Brigadir J ini berjalan objektif dirasa kurang tepat. Saya memasukkan diri ke dalam kehidupan orang lain sambil menjelaskan metode terbaik untuk praktik penelitian tingkat pertama.


Sebelumnya, pihak keluarga Brigadir J meminta Polri menonaktifkan Budhi. Sebab, Kapolres Metro Jakarta Selatan itu dinilai tidak bekerja sesuai prosedur untuk mengungkap dugaan tindak pidana pembunuhan Brigadir J. Menurut pihak keluarga, Budhi seakan ikut merekayasa kasus yang merenggut nyawa Brigadir J.

“Pembunuhan itu sudah ada kenapa itu semua dilanggar. Dan terkesan dia ikut merekayasa cerita-cerita yang berkembang itu,” ucap kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak.

Untuk mengurangi kecemasan dan fokus, saya meneliti kasus ini untuk mempertimbangkan kembali asumsi, menangkap kesalahan, mengembangkan dan menilai ide-ide baru, menimbang prioritas, merenungkan arah baru, dan melakukan banyak penyesuaian—semuanya akan membuat kontribusi mereka lebih jelas dan lebih berharga. Misalnya, para profesional secara rutin memberlakukan kebijakan yang tidak mempertimbangkan berbagai tekanan, tetapi anggota keluarga merasakan tekanan silang dengan tajam—melarutkan ikatan sosial dan perasaan masyarakat yang penting.

Melalui observasi partisipan ini, saya dapat mengungkap proses yang sebelumnya tidak diketahui atau kurang berkembang, metode ini sangat membantu dalam meningkatkan model konseptual yang berkualitas tinggi. Dalam kasus ini, ketika saya mulai belajar bagaimana melakukan penelitian semacam ini, literatur yang saya baca membuat saya bingung.

Saya tidak dapat menemukan saran yang saya butuhkan. Mereka memberi tahu saya bahwa saya harus “menyelidiki” secara sensitif, tetapi mereka tidak menggambarkan seperti apa itu, mereka juga tampaknya tidak cukup mengenali kesulitan yang melekat dalam penyelidikan. Saya sangat ingin membaca kasus ini yang lebih realistis dan praktis.

Dalam mengejar minat saya pada pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana orang berpikir, bertindak, dan memahami mereka, saya juga telah dikejutkan oleh keputusan yang menonaktifkan Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes. Pol. Budhi Herdi Susianto, S.H., S.I.K., M.Si.

Dia memiliki potensi luar biasa dalam catatan lapangan yang tak terhitung jumlahnya. Untuk menulis ini dengan jelas, riwayat jabatan yang pernah diemban adalah sebagai Kasat Lantas Polres Ainaro Timtim (1997); Kapolsek Manatuto Timtim (1999); Kanit Harda/Kanit curi/Kanit Serse Ekonomi Polres Metro Jakarta Selatan (2000); Kanit Resintel Polsek Kebayoran Baru (2001); Kasat Reskrim Polres Tegal (2004); Penyidik KPK (2005); Kanit Harda Polda Metro Jaya (2007); Kanit II Sat III Jatanras Polda Metro Jaya; Kasat Reskrim Polres Metro Tanggerang (2009); Kanit IV Sat II Harda (Bangtah) Dit Reskrimum Polda Metro Jaya; Kapolsek Tanjung Priok (2010); KaSubbag Gasus Dagrii SSDM POLRI; KaSubbag Mutjabpama SSDM POLRI; Kapolres Kediri Kota Polda Jatim (2013—2014); Kapolres Mojokerto Polda Jatim (2014—2016); Kasubbag Mutjabpamenti Robinkar SSDM POLRI; Assesor Utama Bagpenkompeten Robinkar SSDM Polri (2016—2019); Kapolres Metro Jakarta Utara[2] (2019—2020); Kasubdit I Dittipidum Bareskrim Polri(2020); Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri (2020—2021); dan Kapolres Metro Jakarta Selatan (2021—2022).

Terlepas dari semua elemen ini, bagaimana itu bisa terjadi? Apa yang salah? Dalam kasus ini, dia telah berupaya melakukan penyelidikan lebih lanjut dan membantu untuk menyimpulkan apakah kematian ini adalah pembunuhan atau dalam semua bentuk kematian, dan masih dilakukan penyelidikan akan sangat berguna dengan akurasi ilmiah. Langkah-langkah prosedural mulai dari pengumpulan bukti hingga analisis dari seluruh dan pelaksanaannya dengan metode investigasi sudah dilakukannya.

Untuk mengungkap kasus tersebut, Polri telah membentuk tim khusus. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) juga turut mengusut peristiwa tersebut. Perkembangan terkini, keluarga Brigadir J melaporkan kasus ini ke Bareskrim Polri atas dugaan pembunuhan berencana. Tak hanya itu, Polri juga memenuhi permintaan keluarga untuk mengautopsi ulang jenazah Brigadir J.

Jika masyarakat mengintervensi untuk kasus ini dengan kualitas yang cukup tinggi untuk menawarkan perasaan yang kaya dan jelas untuk berada di sana. Berikan saja data yang mendalam untuk menilai dasarnya. Saya terganggu oleh kuasa hukumnya, Kamaruddin Simanjuntak yang pada dasarnya mengatakan begini dan begitu untuk “mempercayai” mereka karena mereka telah mengumpulkan banyak data, karena mereka menunjukkan data yang mereka anggap persuasif. Belum terbukti secara ilmiah dan otentik tentang masalah yang dihadapi (masih dugaan) baik dalam forensik dan ilmu forensik. Kadang-kadang, argumennya jelas, tetapi pertanyaan penelitian dipahami secara sempit dan, lebih buruk lagi.

Dalam beberapa kasus, satu kesalahan—baik dalam desain, pengumpulan data, atau analisis—begitu penting sehingga secara dramatis mengurangi nilai. Bagaimanapun, pihak pengacara harus jangan menekankan sifat yang tidak pasti dari proses, dan pentingnya tidak hanya berbicara dengan orang lain tanpa kebenaran yang pasti tetapi juga mendengarkan umpan balik dari orang lain.

Saya menganggap mendengarkan sebagai inti mendalam dan observasi. Anda harus mendengarkan orang saat mengumpulkan data, mendengarkan umpan balik dari orang lain saat menjelaskan apa yang Anda pelajari selama pengumpulan data, “mendengarkan” temuan orang lain saat mempelajari literatur yang ada tentang kasus ini, dan “mendengarkan” kepada diri sendiri saat Anda memutuskan untuk menonaktifkan Kapolres Metro Jakarta Selatan (dibutuhkan kesabaran).

Saat dalam mendengarkan dengan cara yang berbeda ini, akan menemukan koneksi, mempertimbangkan kembali asumsi, menangkap kesalahan, mengembangkan dan menilai ide-ide baru, menimbang prioritas, merenungkan arah baru, dan melakukan banyak penyesuaian, yang semuanya pada akhirnya akan membuat kontribusi lebih jelas dan lebih banyak lagi yang berharga.

Semua ketidakpastian dan kekhawatiran ini adalah normal. Banyak pertanyaan baru muncul. Harus membuat banyak keputusan berdasarkan informasi yang tidak lengkap—haruskah Anda menyelidiki ini atau itu, haruskah Anda menghabiskan waktu dengan orang ini atau orang itu, mengapa Anda melakukan ini, dan apa yang Anda harapkan untuk dipelajari? Karena kehidupan sosial itu kompleks, selalu ada banyak jalur intelektual yang hadir.

Saya selalu mengagumi ketekunan Komisaris Besar (Kombes) Pol Budhi Herdi Susianto, pengetahuan, dan kerja kerasnya. Khususnya saya melihat dia (Kombes Pol Budhi Herdi Susianto) dapat mencapai hubungan dan hasil yang hebat yang tidak mementingkan diri sendiri di setiap sektor masyarakat. Dia adalah Pemimpin yang melayani, memimpin dengan melayani rakyatnya, bukan dengan meninggikan diri karena dia menambah nilai luar biasa bagi saya, yang memungkinkan saya untuk menambah nilai bagi orang lain.

Apakah pengembalian jabatannya (Kombes Pol. Budhi) nanti dapat menjamin semua upaya yang diperlukan dalam organisasi? Sangat! Karena dia sangat mendedikasikan waktu, tenaga, energi, dan sumber dayanya dalam memimpin.

Tidak ada cukup pemimpin yang baik. Itu pasti benar. Saya pikir orang akan setuju bahwa tidak ada cukup pemimpin yang baik. Namun kita membutuhkan dia sebagai pemimpin yang lebih banyak dan lebih baik pada tingkat atau kapasitas apa pun untuk meningkatkan kehidupan orang-orang di sekitar mereka dan membuat perbedaan.

Saya percaya kebenaran itu dengan sangat pasti, dan itu mendorong saya untuk mengembangkan diri melihat sosoknya (Kombes Pol Budhi) sebagai seorang pemimpin. Tugas itu layak untuknya karena upaya terbaiknya. Itu menambah nilai terbesar bagi orang lain, dan itu memberi sukacita besar, maka kita juga harus mengharapkan pengembangan orang lain dalam kepemimpinan menjadi proses berkelanjutan yang tidak pernah berakhir. Dan dia (Kombes Pol Budhi) telah membantu organisasi, organisasi menemukan, membangkitkan, dan mengembangkan pemimpin, dan telah membantu lebih dari yang dapat saya hitung. Saya bisa merasakan kebanggaan dan rasa hormat terhadapnya. Ada rasa tradisi dan visi bersama yang telah melintasi generasi. Ada rasa warisan yang kuat, yang merupakan sesuatu yang tidak bisa diburu-buru untuk memenuhi visi yang berani atau melakukan sesuatu yang hebat. Prosesnya tidak bisa dilakukan secara instan. Sesuatu yang berharga membutuhkan waktu.

Teladan yang dijalankannya sebagai pemimpin selama ini di Polres Metro Jakarta Selatan telah menjadi pembicaraan dan dengan memberi contoh untuk tumbuh, berkembang, menciptakan momentum, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar. “Di sinilah letak seorang pria yang tahu bagaimana bergaul dengan pria yang jauh lebih pintar daripada dirinya sendiri.” Satu-satunya cara pasti untuk mencapai sesuatu seperti itu adalah mengembangkan lebih banyak sehingga mereka mencapai potensi mereka, dan itu bukanlah sesuatu yang dapat didelegasikan atau diturunkan oleh pemimpin mana pun. Dibutuhkan seorang pemimpin untuk menunjukkan dan menumbuhkan pemimpin lain.

DMans
[better-ads type='banner' banner='53227' ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *