banner 160x600
banner 160x600
ADV Space 970x250

TMMD Ke-109 Resmi Dibuka Ditandai Pemukulan Gong oleh Bupati Pesisir Selatan

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni memukul gong pertanda diresmikannya pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 Tahun 2020

PESSEL, BeritaBhayangkara.com – Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni memukul gong pertanda diresmikannya pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 Tahun 2020. Pembukaan TMMD tersebut digelar dengan protokol kesehatan yang juga dihadiri Kasrem 032/Wbr Kol. Inf Amrizen, S.E., Kasiter Kasrem 032/Wbr Kol. Kav. Husnizon S. dan Kasatgas TMMD Ke-109 Tahun 2020, Dandim Pesisir Selatan Letkol Inf. Gamma Artadila Sakti.

Pembukaan yang diadakan di Gedung PCC. Painan, pada Selasa (22/9/2020) sekira pukul 10.30 Wib juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar Syafrizal Ucok, Kajari Pessel Donna Rumiris Sitorus, S.H., M.Hum., Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Taufik Isra, Sekda Pessel Ir. Erizon, serta Kepala OPD.

Dalam laporannya, Kasatgas TMMD Ke-109 tahun 2020 yang juga Dandim 0311 Pessel, Letkol Inf. Gamma Artadila Sakti menyampaikan, tujuan dari TMMD Ke-109 Tahun 2020 ini dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk percepatan pembangunan infrastruktur daerah, baik fisik maupun non fisik.

“Ini adalah bentuk kemanunggalan TNI dan Masyarakat serta Forkopimda,” kata Gamma. Pelaksanaan TMMD Ke-109 tahun 2020 dimulai dari hari ini, 22 September hingga tanggal 21 Oktober 2020 mendatang.

Untuk fisik, akan dilakukan pembukaan panjang jalan yang dibuka dari titik 0, Nagari Pancung Taba ke Kampung Dilan sepanjang 3,7 Km, sedangkan panjang jalan dari Kampung Dilan ke Limau Gadang sepanjang 4,2 Km, juga kegiatan bedah rumah dari Baznas Kabupaten Pessel 5 unit, BPMDP Sumbar 5 Unit, serta bibit pohon sebanyak 500 batang dari Dinas Holtikultural Provinsi Sumbar.

“Untuk Non Fisik, kegiatan penyuluhan hukum, sosialisasi Kamtibmas, dan kegiatan keagamaan lainnya,” terang Kasatgas Letkol Inf. Gamma Artadila Sakti.

Kasatgas menghimbau kepada 150 orang anggota yang dilibatkan dalam pelaksanaan TMMD Ke-109 tahun 2020 bisa beradaptasi dengan lingkungan, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (ABK).

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dalam sambutnya menyampaikan bahwa pelaksanaan TMMD Ke-109 tahun 2020 ini sebagai momentum berharga dalam mengangkat kesejahteraan masyarakat di Pesisir Selatan. Selain tugas pokok mempertahankan NKRI, TNI juga ikut berperan dalam membantu pembangunan di daerah, seperti pelaksanaan TMMD yang diadakan Kodim 0311 Pessel.

Diterangkan Hendrajoni, TMMD ini sasarannya untuk membantu peningkatam infrastruktur di lokasi tertinggal, terisolir, dan terpencil untuk menuju daerah berkembang. TMMD, ini juga bentuk dari Nawacita Presiden RI Joko Widodo yakni pemerataan pembangunan daerah terpencil.

Bupati berharap pada pelaksanaan TMMD bisa berjalan maksimal sebagaimana yang diharapkan, sesuai tema yang diangkat “TMMD Pengabdian Untuk Negeri” sebagai motivasi dan inspirasi membantu Pemkab Pessel dalam percepatan daerah yang Makmur dan Sejahtera, TMMD Kemanunggalan TNI dan Masyarakat, Pemkab Pessel dan Forkopimda,” ujarnya.

Semoga kedepan apa telah dilaksanakan oleh Kodim 0311 Pessel akan dilanjutkan oleh Pemkab Pessel.

Selanjutnya, Kasrem 032/Wbr Kol. Inf Amrizen, S.E. kepada awak media berpesan bahwa seluruh anggota yang bertugas selama pelaksanaan TMMD Ke-109 tahun 2020 Kodim 0311 Pessel juga akan ikut mensosialisasikan pelaksanaan protokol kesehatan pada masa Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) kepada masyarakat, khususnya dalam penanganan percepatan Covid-19.

“Kita berharap TMMD kali ini bisa mendapatkan hasil maksimal, dalam membantu pemerintah daerah, dan Kabupaten Pesisir Selatan,” terang Kasrem.

“Untuk anggota bertugas harus bisa memberikan contoh kepada masyarakat, agar ikut menerapkan protokol kesehatan,” kata Kasrem.

Saat bersamaan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar Syafrizal Ucok bersama BPMDP Provinsi Sumbar sangat mendukung penuh pelaksanaan TMMD Ke-109 tahun 2020 Kodim 0311 Pessel, di Nagari Pancung Taba, Kecamatan Bayang Utara.

Pada TMMD kali ini, Syafrizal Ucok membantu program bedah rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 5 (lima) unit dengan total anggaran 75 juta. Serta bantuan bibit sebanyak 500 batang dari Dinas Holtikultura Sumbar.

“Kita berharap, TMMD ini benar bisa membantu masyarakat dalam peningkatan Ekonomi dan infrastrukur serta SDM masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar, Syafrizal Ucok turut menyerahkan secara simbolis beberapa bantuan dari BPMKB, Provinsi Sumbar ke Kasatgas TMMD Ke-109 tahun 2020. Acara dilanjutkan dengan melakukan peninjauan lokasi TMMD oleh rombongan.

(Mardoni)