banner 160x600
banner 160x600
ADV Space 970x250

Sinergisitas TNI-POLRI Harga Mati Dalam Rangka Menjaga Keamanan dan Kedaulatan NKRI

Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menerima kunjungan kerja dari Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III

MALUKU, BeritaBhayangkara – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han) mengunjungi Polda Maluku. Rabu (11/5/2022).

Kedatangan Pangkogabwilhan dalam Kunjungan Istimewa (Courtesy Call) ini diterima hangat oleh Kapolda Irjen Pol. Lotharia Latif bersama para Pejabat Utama Polda Maluku. Pertemuan kedua pihak kemudian dilaksanakan di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon,

Di awal sambutannya, Pangkogabwilhan III menyampaikan secara umum tentang Tugas, Fungsi dan Kedudukan Kogabwilhan III sebagai Organisasi yang baru, di mana kedudukannya langsung di bawah Panglima TNI dan merupakan perpanjangan tangan Panglima TNI yang membawahi lima Kotama yaitu Kodam XVI/Patimura, Kodam XVII/Cendrawasih, Kodam XVIII/Kasuari, dan ditambah dengan satuan Koarmada III di Sorong serta Koopsud III di Biak.

Lebih lanjut, Pangkogabwilhan III menjelaskan tentang pentingnya sinergitas dan soliditas TNI dan POLRI di mana TNI dan POLRI merupakan sebuah Keluarga Besar. Dua institusi inilah sebagai benteng terakhir menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“TNI dan POLRI sebagai ujung tombak dalam mewujudkan masyarakat yang aman, sejahtera, adil dan makmur. Adapun tugasnya dilaksanakan sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) masing-masing. TNI melaksanakan tugas pertahanan sedangkan Polri melaksanakan Tugas Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Dalam pelaksanaan Tupoksi ini ada irisan yang harus dikerjakan secara bersama-sama, di sinilah wujud sinergisitas TNI-POLRI sangat diperlukan, sebagai contoh dalam kegiatan pendisiplinan dan penanganan pandemi Covid-19, demikian juga kegiatan percepatan Vaksinasi di masyarakat.

Hal yang sama juga disampaikan Kapolda Maluku, “intinya bahwa TNI-POLRI ini melaksanakan tugas untuk melayani dan melindungi masyarakat demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Di akhir sambutannya baik Pangkogabwilhan III, maupun Kapolda Maluku sama-sama menyampaikan banyak terima kasih atas silaturahmi TNI-POLRI ini yang sangat bermanfaat untuk menjaga persatuan dan tetap tegaknya keutuhan NKRI. (Penkogab3)