banner 160x600
banner 160x600
ADV Space 970x250

Hijaukan Kembali Bumi Borneo, Satgas 643 Tanam 10 Ribu Pohon di Wilayah Perbatasan

Satgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti membantu Pemda Kabupaten Sanggau melaksanakan gerakan penanaman 10.000 pohon

SANGGAU, BeritaBhayangkara.com – Satgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti membantu Pemda Kabupaten Sanggau melaksanakan gerakan penanaman 10.000 pohon untuk menghijaukan kembali Bumi Borneo di wilayah Perbatasan RI-Malaysia dalam rangka HUT ke-74 TNI. Kegiatan tersebut bertempat di Desa Lubuk Sabuk, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau, kemarin.

Penanaman dan penghijauan 10.000 pohon tersebut bertajuk “Hijaukan Kembali Bumi Borneo” dimulai dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto.

Adapun bibit pohon yang ditanam diantaranya bibit pohon Belian, Tengkawang, Mahoni, Jelukung, Akasia Belimbing Wuluh, Langsat dan Jengkol. Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto.

Dikatakan Letkol Inf Dwi Agung Prihanto, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu Reboisasi yang dilakukan di wilayah akibat kebakaran hutan, karena itu kami, Satgas Pamtas membantu Pemda Kabupaten Sanggau serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan program penghijauan dengan menanam kembali lahan dan hutan, sehingga hutan menjadi hiijau kembali dan kelestarian alam bumi borneo tetap terjaga dan terpelihara dengan baik dan asri,” ujarnya.

Lanjutnya, penanaman pohon yang dilaksanakan juga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memperbaiki lingkungan sebagai paru-paru dunia akan tersedianya oksigen bagi mahluk hidup, juga dalam rangka menyambut HUT ke-74 TNI yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2019,” kata Dansatgas.

Sementara itu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan, penanaman pohon ini memang benar dalam rangka HUT ke-74 TNI. Kegiatan ini sangat tepat dilakukan, karena sudah lama kemarau dan juga baru selesai kabut asap. Maka dari itu, marilah kita dukung kegiatan ini, kita teruskan dengan menambah jumlah tanaman untuk di tanam di hutan.

Bupati Sanggau juga berpesan agar gunung-gunung kita dijaga, jangan diganggu, itulah sisa-sisa hutan kita. Hutan dan pohon harus kita jaga dengan benar,” tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda, Ketua DPRD Kab. Sanggau, Kepala BPN Sanggau, Kepala Dinas KPH Sanggau Barat dan Sanggau Timur, Muspika Kec. Entikong, Camat Sekayam, Kepala Desa dan Tokoh Adat serta Tokoh Masyarakat.

Pewarta: Damar