banner 160x600
banner 160x600
ADV Space 970x250

Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni : Berpihak Kepada Rakyat Miskin

Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni dinobatkan sebagai Politisi yang berpihak pada rakyat miskin diberikan Penghargaan Padang Ekspres

PADANG, BeritaBhayangkara – Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni dinobatkan sebagai Politisi yang berpihak pada rakyat miskin. Srikandi NasDem itu, dinilai sebagai tokoh politik yang konsisten memperjuangkan nasib masyarakat kurang mampu selama kiprahnya di Senayan.

Dalam hal ini, penghargaan langsung diberikan oleh Padang Ekspres yang merupakan salah satu koran terbesar di Sumatera Barat dalam sebuah peringatan perayaan ulang tahunnya yang ke-23 di Padang, Selasa (25/01) malam.

Dalam keterangannya, Lisda Hendrajoni mengatakan bahwa penghargaan tersebut akan membuat dirinya terus terpacu dan semangat dalam memperjuangkan nasib kaum dhuafa. Agar kehidupan masyarakat kurang mampu tersebut diperhatikan oleh pemerintah.

“Alhamdulillah. Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk terus memperjuangkan nasib masyarakat, khususnya warga kurang mampu,” ucap Kepala Kelompok Fraksi NasDem Komisi VIII tersebut.

Menurut Lisda, yang dia lakukan selama ini merupakan kewajibannya sebagainya anggota DPR. Dan itu, telah menjadi tugas konstitusi agar terus selalu menyuarakan kondisi masyarakat di daerahnya sejak dilantik menjadi anggota DPR.

“Memperjuangkan rakyat miskin, itu telah menjadi kewajiban kami, dan juga merupakan tugas konstitusi. Semoga kinerja kami untuk tahun-tahun ke depan akan lebih baik lagi,” tambah Lisda yang juga merupakan anggota Badan Legislasi.

Untuk diketahui, Lisda Hendrajoni merupakan anggota DPR RI dari fraksi NasDem yang berasal dari daerah pemilihan Sumatera Barat. Sejak menjadi ketua PKK tahun 2015, Lisda sudah konsen dalam memperjuangkan hak-hak orang miskin, perempuan dan anak. Alasan itu pula yang menjadi dasar untuk terjun ke dunia politik. Kini, Lisda tergabung ke dalam Komisi VIII yang membawahi Kementerian Sosial, Agama, Pemberdayaan Perempuan dan Anak serta BNPB.

Jebakan Kemiskinan

Kemiskinan adalah perangkap yang kejam. Bagi banyak orang yang malang yang terperangkap dalam cengkeraman kaki yang menyakitkan ini, melarikan diri sendirian bisa jadi mustahil. Satu miliar manusia saat ini terikat dalam perangkap kemiskinan, dalam kesengsaraan yang nyaris tak henti-hentinya.

Meskipun mungkin terlihat suram, ada harapan nyata. Faktanya, ratusan juta orang telah terbebas dari kemiskinan, mendapatkan aset dan kemampuan untuk menopang diri mereka sendiri dan keluarga mereka secara berkelanjutan dalam kondisi kehidupan yang layak. Ada terobosan nyata dalam memahami penyebab jebakan kemiskinan dan dalam merancang dan mengimplementasikan program-program akar rumput yang secara andal menyediakan sarana untuk melarikan diri. Banyak rencana terbaik untuk keluar dari perangkap kemiskinan telah dirancang di lapangan oleh orang-orang dari negara berkembang, tetapi dengan bantuan yang sangat dibutuhkan dari luar.

Cerita ini menunjukkan bagaimana orang-orang termiskin di dunia, bahkan mereka yang tidak cukup beruntung untuk hidup di negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi seperti Cina, dapat lolos dari kemiskinan yang ekstrem. Ini dapat dicapai di zaman kita, melalui strategi yang semakin efektif, dalam sebuah drama di mana kita semua dapat memainkan peran pendukung sementara yang miskin menjadi pusat perhatian.

Kemiskinan ekstrem adalah masalah yang sulit karena orang miskin sering terjebak dalam perangkap kemiskinan, tetapi kesulitan khusus yang ditimbulkan oleh perangkap ini terlalu sering diabaikan. Jadi, saya memutuskan untuk membuat jebakan ini sebagai titik fokus ini. Memutuskan untuk mengatasi masalah kemiskinan di daerah-daerah di mana pertumbuhan ekonomi tidak cepat, dan di mana prospek jangka pendek untuk pertumbuhan cepat tidak tinggi. Saat ditemukan bersama, jebakan lokal dan nasional stagnasi membuat kondisi kemiskinan ekstrem yang paling sulit dipecahkan. Jika kemiskinan dapat diatasi dalam kondisi ini, itu dapat diatasi di mana saja. Tetapi ini menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan apa yang dibutuhkan orang miskin untuk setidaknya keluar dari kemiskinan ekstrem tanpa mengandalkan banyak bantuan dari pasar nasional dan global, tetapi program kemiskinan yang dirancang dengan baik mungkin menyediakan.

Kemiskinan global adalah momok dan aib era kaya. Tetapi kita dapat secara efektif mengakhiri kemiskinan ekstrem seperti yang kita kenal di zaman kita sekarang. Titik awalnya adalah kesadaran akan fakta-fakta dasar ini: Dimensi kemiskinan ekstrem sangat besar, tetapi kemajuan yang sama telah dicapai. Dan meskipun pengentasan kemiskinan global tidak terhindarkan, dengan komitmen yang berlipat ganda, kita dapat mengakhiri kemiskinan ekstrem dalam satu generasi. Hanya perlu menindaklanjuti dan mendanai strategi yang sudah berjalan secara memadai, sambil terus menerus dan hati-hati mengevaluasi strategi baru dan lama dan belajar dari pelajaran mereka.

Kisah kemiskinan sejauh ini adalah salah satu kabar baik dan kabar buruk – betapa banyak kemajuan yang telah kita buat, tetapi juga seberapa banyak yang harus dilakukan. Skala kemiskinan global sangat besar. Menurut Bank Dunia, sekitar 1,25 miliar orang hidup dengan kurang dari $ 1 per hari, dan sekitar 2,8 miliar – hampir setengah dari populasi dunia – hidup dengan kurang dari $ 2 per hari. Baik ukuran maupun sifat kemiskinan lebih rumit dari ini, tetapi angka-angka ini memang menyesuaikan fakta bahwa banyak layanan lebih murah di negara-negara miskin. Bayangkan mencoba hidup di Amerika dengan $ 2 sehari, termasuk perumahan, dan Anda dapat beberapa ide. Hidup benar-benar putus asa bagi banyak dari orang-orang ini. Sementara itu, kesenjangan pendapatan riil rata-rata antara miliar terkaya dan termiskin dua setengah miliar telah melebar menjadi lebih dari 16 banding 1.

Kemiskinan adalah kelaparan. Sekitar 17 persen dari populasi dunia diklasifikasikan sebagai kurang gizi, atau menderita kelaparan kronis. Rasa lapar kronis diukur dengan asupan harian kurang dari sekitar 1.700 kalori dan kurangnya akses ke makanan yang aman dan bergizi. Ini adalah tingkat kalori yang sangat rendah, membuat seseorang lesu dan rentan terhadap penyakit dan kematian. Jelas, banyak dari mereka yang kelaparan dapat bertahan hidup, meskipun seringkali menyedihkan. Sungguh menakjubkan apa yang bisa disesuaikan dengan tubuh, tetapi bagi anak-anak dampaknya adalah bencana besar. Di banyak negara miskin, setengah dari anak-anak sangat pendek untuk usia mereka sehingga menandakan gizi buruk.

Perkiraan malnutrisi ini bahkan tidak mempertimbangkan defisiensi mikronutrien, seperti kadar zat besi, Vitamin A, dan vitamin dan mineral lainnya yang rendah, yang juga bisa sangat berbahaya. Malnutrisi mikronutrien mempengaruhi setidaknya 2 miliar orang. Anak-anak sangat rentan dan mungkin menghadapi cacat seumur hidup. Para peneliti telah menemukan bahwa bahkan tingkat kekurangan gizi “A subklinis” Vitamin dapat menyebabkan kematian.

Kemiskinan meresapi kesehatan yang buruk dan kematian dini. Sebagian besar anak-anak ini meninggal karena dehidrasi, karena diare, penyakit yang memerlukan imunisasi murah, dan infeksi yang dapat diobati dengan antibiotik seperti pneumonia. Penyebab mendasar dalam banyak kasus adalah kekurangan gizi yang mengarah pada kerentanan.

Angka kematian balita adalah 126 per 1.000 kelahiran hidup di negara berpenghasilan rendah, dan 39 per 1.000 negara berpenghasilan menengah (dibandingkan dengan 6 per 1.000 di negara berpenghasilan tinggi). Di beberapa negara seperti Angola, Burkina Faso, Malawi, Mali, Mozambik, Niger, Rwanda, dan Sierra Leone, lebih dari seperlima dari semua anak meninggal sebelum usia lima tahun karena sebab yang dapat dicegah. Di Asia Selatan secara keseluruhan, satu dari sepuluh anak meninggal sebelum berusia lima tahun. Di beberapa bagian termiskin di dunia, adalah tradisional untuk tidak memberi nama bayi yang baru lahir sampai dia berusia setidaknya satu bulan — karena begitu banyak yang tidak hidup selama itu. Seorang wanita meninggal saat melahirkan setiap menit; hampir tidak ada dari wanita ini yang akan mati jika mereka tinggal di Amerika Utara atau Eropa. Harapan hidup saat lahir di Afrika Sub-Sahara hanya 46 tahun, dan sebagian besar jatuh karena epidemi AIDS. Di banyak negara berpenghasilan rendah, parasit yang melemahkan hampir ada di mana-mana. Kejadian malaria yang resistan terhadap obat dan TB secara dramatis memburuk.

TBC, AIDS, dan malaria membunuh jutaan orang setiap tahun — sekitar tiga ribu anak di Afrika meninggal karena malaria setiap hari. Kemiskinan memainkan peran sentral dalam sebagian besar masalah kesehatan yang dihadapi oleh negara-negara berkembang yang memiliki perannya sendiri dalam Klasifikasi Penyakit Internasional: Kode Z59.5 — kemiskinan ekstrem.

Kemiskinan adalah hilangnya masa kanak-kanak. Menurut perkiraan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), setidaknya 180 juta pekerja anak berusia di bawah 14 tahun atau bekerja dalam kondisi yang membahayakan kesehatan atau kesejahteraan mereka, yang melibatkan bahaya, eksploitasi seksual, perdagangan manusia, dan jeratan hutang. Ini termasuk 110 juta anak di bawah usia 15 tahun yang melakukan pekerjaan berbahaya. Lebih dari 73 juta anak yang bekerja berusia di bawah 10 tahun. Dan diperkirakan 8,4 juta pekerja anak terjebak dalam perbudakan, perdagangan manusia, jeratan hutang, pelacuran, pornografi, dan kondisi menjijikkan lainnya.

Kemiskinan adalah penolakan hak atas pendidikan dasar. Ada hampir satu miliar orang dewasa buta huruf di dunia. Hampir setengah dari semua orang dewasa di Asia Selatan buta huruf. Seorang anak di Eropa, Amerika Utara, atau Jepang dapat mengharapkan untuk menerima lebih dari 12 tahun sekolah rata-rata, tetapi seorang anak di Afrika Sub-Sahara dan Asia Selatan dapat berharap untuk menghabiskan kurang dari empat tahun di sekolah, beberapa tidak pernah masuk kelas dalam hidup mereka. Diperkirakan oleh Bank Dunia bahwa pada tahun 2003, lebih dari 100 juta anak tidak dapat bersekolah karena kemiskinan mereka — karena itu mereka kehilangan kesempatan untuk keluar dari kemiskinan ketika mereka tumbuh dewasa. Menurut Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa, di setidaknya 16 negara Afrika Sub-Sahara seorang anak lebih mungkin meninggal sebelum usia lima tahun daripada menghadiri sekolah menengah.

Kemiskinan juga tentang kondisi lain yang kurang terukur tetapi tidak kalah nyata dan menindas. Ini adalah kesadaran dan ketakutan menjadi miskin sebagai akibat dari guncangan atau peristiwa bencana, seperti penyakit, atau kematian hewan rancangan, atau pencurian tanah Anda: Kemiskinan adalah kerentanan. Dan ini adalah tekanan yang berkelanjutan dari upaya mati-matian untuk mengantisipasi dan beradaptasi dengan kerentanan ini. Bahkan, setiap tahun mungkin tiga perempat karena banyak orang jatuh ke dalam kemiskinan sebagai pelarian dari itu. Perjuangan melawan kemiskinan mungkin merupakan satu dari empat langkah maju dan tiga langkah mundur.

Kemiskinan adalah ketidakberdayaan. Kurangnya akses ke pasar nyata yang dapat menawarkan jalan keluar dari kemiskinan. Ini adalah eksploitasi sistematis, pencurian, dan penyalahgunaan tidak hanya oleh orang kaya tetapi juga oleh pejabat pemerintah yang seolah-olah ada untuk membantu: orang miskin harus membayar suap yang lebih besar, sebagai bagian dari pendapatan mereka, daripada orang kaya hanya untuk bertahan hidup. Ini adalah perasaan psikologis yang melemahkan dan sengaja diciptakan dari keputusasaan dan ketergantungan pada apa pun remunerasi minimal yang ditawarkan oleh keluarga kaya tertentu di bidang kehidupan Anda. Ini adalah kekerasan dari dalam keluarga dan dari luar. Adalah ketidakberdayaan untuk menghentikan hal-hal yang menyakiti Anda dan keluarga Anda dan membuat Anda tetap miskin.

Kondisi ini menyerukan aksi bersama. Tetapi tidak mudah untuk mengetahui apa yang dapat kita lakukan tentang mereka.

Separah angka-angka ini muncul, itu jauh dari harapan. Tempat terbaik untuk memulai adalah menghargai kemajuan yang telah dibuat — belum lama ini situasinya jauh lebih buruk. Berlawanan dengan kesan populer, kemajuan melawan kemiskinan dalam beberapa dekade terakhir tidak pernah luar biasa. Ini berfungsi untuk mengingatkan kita betapa buruknya hal itu di masa lalu yang tidak terlalu jauh — tetapi juga untuk meyakinkan kita bahwa kemajuan yang lebih berarti pasti dapat dilakukan dengan upaya bersama.

Mereka yang berada dalam kemiskinan yang dalam sekarang dapat dibedakan dari mereka yang relatif miskin, yang pendapatannya jauh lebih sedikit dari kita, tetapi cukup untuk menjaga kepala mereka tetap di atas air. Ini membuatnya lebih mungkin untuk menargetkan upaya terhadap mereka yang paling membutuhkan bantuan.

Di setiap negara kita dapat menunjuk ke daerah-daerah tertentu di mana kemiskinan, seperti Jayapura di Indonesia. Dalam daerah miskin, kita dapat menemukan desa-desa yang paling kekurangan, dan kita belajar bagaimana menemukan orang-orang yang paling miskin di desa-desa itu. India adalah contoh yang bagus. Sebagian besar warganya menderita kekurangan yang ekstrem, dan bahkan dua dari lima tetap sangat miskin. Tetapi hari ini, lebih dari separuh orang miskin tinggal di hanya empat dari dua puluh enam negara bagiannya.

Di kota-kota, orang miskin terkonsentrasi di daerah kumuh yang siap diidentifikasi. Dalam beberapa hal akan lebih sulit untuk mendapatkan yang termiskin dari kemiskinan daripada membantu mereka yang telah keluar dari kemiskinan sampai saat ini. Ini karena orang miskin kronis sering terjebak dalam perangkap kemiskinan, yang segera harus diperhatikan. Meski begitu, masalahnya tampaknya jauh lebih mudah dikelola daripada beberapa dekade yang lalu. Meskipun menghitung orang miskin dan memperkirakan kedalaman kemiskinan mereka sangat sulit, dan penuh dengan masalah statistik, ada sedikit keraguan bahwa persentase orang di dunia yang hidup dengan kurang dari satu dolar per hari telah turun secara signifikan sejak 1990.

Dalam satu perhitungan tipikal, Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan pada tahun 2002 bahwa persentase orang di dunia yang hidup dalam kemiskinan ekstrem turun dari 29 persen pada 1990 menjadi 23 persen pada 1999. Dan sementara populasi dunia terus tumbuh — lebih dari 42 persen antara 1980 dan 1980.  2004 — jumlah mereka yang hidup dalam kemiskinan tidak memburuk secara signifikan; ini dengan sendirinya merupakan prestasi mengingat peningkatan populasi yang besar. Faktanya, jumlah yang berada dalam kemiskinan ekstrem mungkin sebenarnya telah berkurang sebanyak 400 juta orang sejak 1981, menurut sebuah studi Bank Dunia oleh Shaohua Chen dan Martin Ravallion.

Jumlah orang yang memiliki akses ke air bersih terus meningkat. Pada tahun 1960 sedikit lebih dari sepertiga orang memiliki akses ke air bersih, sementara lebih dari dua pertiga memiliki akses hari ini, sekali lagi meskipun pertumbuhan populasi yang besar di negara berkembang. Kemajuan itu nyata, bahkan memungkinkan apa yang dianggap sebagai “akses” —sebuah tap yang berjarak 100 meter (109 yard) yang dibagikan oleh ratusan orang — mungkin meninggalkan banyak hal yang diinginkan.

Terkadang, tajuk berita yang terlihat mengkhawatirkan, dan memang harus memanggil komitmen baru kita, mengarah pada keputusasaan daripada menyelesaikan karena konteksnya hilang. Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) melaporkan dalam laporan November 2003, “Keadaan Kerawanan Pangan di Dunia,” bahwa jumlah orang yang menderita kelaparan ekstrem kronis meningkat selama paruh terakhir tahun 1990-an sebesar 18 juta. Ini berarti bahwa 842 juta orang di negara berkembang dan transisi sangat kekurangan gizi — tiga kali total populasi A.S. Kenaikan ini membalikkan penurunan tajam selama tiga dekade sebelumnya, periode di mana bagian populasi di negara berkembang yang mengalami kelaparan kronis turun dari 37 persen pada 1970 menjadi 17 persen pada 2000.

Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi pengalaman seperti ini menunjukkan bahwa kelaparan dapat dihilangkan.

Keberhasilan terbesar adalah Cina, di mana 58 juta orang lebih sedikit mengalami kelaparan kronis pada akhir 1990-an, sebagian besar karena pertumbuhan ekonomi yang spektakuler. Namun, peningkatan substansial sekitar 17 juta orang kekurangan gizi tercatat di India, sebuah negara yang juga mengalami pertumbuhan ekonomi yang cepat — mencerminkan fakta bahwa pertumbuhan ekonomi bukanlah obat penyembuh – semuanya untuk kemiskinan ekstrem. Bencana terbesar terjadi di Republik Demokratik Kongo, di mana jumlah orang yang kelaparan meningkat dari 12 juta menjadi 38 juta pada akhir 1990-an. Setidaknya dua dari setiap lima anak di Afrika Sub-Sahara mengalami kekurangan gizi.

Masalahnya bukan karena terlalu sedikit makanan di dunia. Menurut FAO, 2.807 kalori makanan per kapita diproduksi di seluruh dunia pada tahun 2001, pada prinsipnya jauh lebih dari yang dibutuhkan oleh semua orang untuk mendapatkan makanan yang baik (perkiraan kalori yang dibutuhkan berkisar hingga sekitar 2.500 per orang, beberapa di bawah angka ini). Menurut Worldwatch Institute, sekarang sebenarnya ada lebih banyak orang yang kelebihan berat badan di dunia daripada orang yang menderita kekurangan kalori. Dan masih ada kapasitas yang sangat besar untuk meningkatkan produksi pangan dan meningkatkan distribusi makanan di negara berkembang. Jadi, kabar baiknya adalah bahwa dunia dapat menghasilkan lebih dari cukup makanan yang dibutuhkan oleh rakyatnya.

Masalahnya adalah bagaimana memberi orang miskin cukup kendali atas sumber daya untuk memenuhi gizi dan kebutuhan dasar lainnya secara teratur.

Di daerah miskin, orang miskin mungkin merana dalam jebakan kemiskinan tanpa batas. Melarikan diri tidak bisa dihindari, bahkan dengan pertumbuhan yang relatif kuat terlihat di negara-negara seperti India dalam beberapa tahun terakhir. Akhir dari kemiskinan global seperti yang kita tahu ini dapat dicapai dalam satu generasi. Tapi itu akan membutuhkan lebih dari membiarkan pertumbuhan mengambil jalannya. Dan itu akan membutuhkan tindakan terhadap kelestarian lingkungan — kaum miskin adalah korban potensial dari perubahan lingkungan yang sangat besar yang mengancam akan membalikkan keuntungan yang diperoleh dengan susah payah.

Jadi adakah yang harus kita lakukan, atau yang bisa kita lakukan? Jawabannya adalah “ya.”

Tragedi kemiskinan di Afrika mengajarkan kepada kita bahwa, meskipun ada beberapa keberhasilan dalam mentransfer kesehatan dan teknologi lainnya, pengentasan kemiskinan tidak dapat dihindari. Seburuk orang-orang di daerah ini untuk memulai, standar hidup rata-rata turun setiap tahun, bukan karena lamanya resesi tetapi selama 25 tahun. Terlepas dari pengalaman yang mengerikan ini, juga belajar, dari Asia Timur khususnya, fakta penting lainnya: pengurangan kemiskinan, dan bahkan mengakhiri kemiskinan sama sekali, adalah mungkin.

Kemiskinan dapat dihilangkan, dalam waktu yang sangat singkat, jika kita fokus pada masalah. Kedua fakta ini bersama — bahwa mengakhiri kemiskinan adalah mungkin tetapi tidak bisa dihindari — menciptakan keharusan moral untuk bertindak.

Mengetahui bahwa orang sedang menderita adalah satu hal. Tetapi adalah hal lain untuk mengetahui bahwa penderitaan ini dapat berlangsung tanpa batas waktu, sebagian besar tidak perlu, dan bahwa kita dapat melakukan lebih banyak untuk membantu — dengan manfaat potensial yang dapat terbukti sangat signifikan bagi masa depan kita sendiri.

Ada perasaan yang tumbuh bahwa kita memiliki kewajiban moral untuk berbuat lebih banyak untuk mengakhiri kemiskinan global. Berfokus pada masalah kemiskinan, mendapat perhatian publik yang signifikan. Kemiskinan global ada di pikiran orang-orang yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Meningkatnya kekhawatiran tentang kemiskinan di negara berkembang adalah bagian dari minat publik baru yang lebih luas dalam kesukarelaan dan pelayanan sosial, dalam “memberikan sesuatu kembali.” Orang mengatakan mereka juga ingin berbuat lebih banyak untuk membantu mengakhiri kemiskinan global. Ada minat yang jelas di kalangan masyarakat untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kemiskinan dan kelaparan yang ekstrem dan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Tetapi sebagian besar tidak tahu harus mulai dari mana, dan banyak yang curiga ada sedikit yang bisa mereka atau negara mereka bantu. Namun dalam beberapa tahun terakhir langkah-langkah signifikan telah dibuat dalam memahami sifat perangkap kemiskinan dan persyaratan untuk berhasil lolos dari perangkap ini, dan perbaikan nyata telah dibuat dalam efektivitas program kemiskinan. Melalui ini, berharap dapat meningkatkan kesadaran akan kemajuan ini, dan apa artinya bagi peluang kita untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem.

Beberapa cara komplementer untuk memahami kemiskinan dan penyelesaiannya: Masalah yang ditunjukkan oleh orang miskin sendiri; jenis perangkap kemiskinan atau lingkaran setan kemiskinan yang ditunjukkan oleh para peneliti dan program kemiskinan untuk menyelesaikannya; kemampuan yang dibutuhkan oleh orang miskin dan program untuk membantu mengembangkan kemampuan ini; dan berbagai tindakan yang dapat dilakukan individu untuk membantu mengakhiri kemiskinan.

Memiliki tiga bagian utama. Yang pertama menjelaskan kemiskinan — apa artinya, seperti apa yang ada dalam kata-kata orang miskin, dan mengapa itu adalah jebakan yang sering tidak dapat diloloskan seseorang atau keluarga dengan upaya mereka sendiri. Kemudian menjelaskan delapan “kunci kemampuan” untuk keluar dari perangkap kemiskinan. Kedua menjabarkan strategi dan program (umumnya dijalankan oleh organisasi nonpemerintah / nirlaba tetapi kadang-kadang disponsori oleh pemerintah atau perusahaan) membantu membangun kemampuan dan aset di antara mereka yang berada dalam kemiskinan ekstrem dan mengarah pada perbaikan nyata dalam kehidupan orang miskin. Ketiga dan terakhir menawarkan panduan untuk langkah konkret yang kita masing-masing dapat ambil, sebagai individu dan kelompok, untuk membantu mengakhiri kemiskinan global. Ini menunjukkan bagaimana menjadi bagian dari solusi, dan bagaimana tidak secara tidak sengaja berkontribusi pada masalah.

Dengan optimisme yang kuat bahwa kita dapat mengakhiri kemiskinan ekstrem. Tentu saja, ini masalah yang sangat sulit. Ada banyak ide yang terkadang saling bertentangan tentang apa yang menyebabkan kemiskinan dan bagaimana cara mengatasinya. Selalu belajar lebih banyak, dan ada banyak ruang untuk perbedaan pendapat yang sah. Tentu saja tidak mengklaim memiliki semua jawaban. Kita perlu tahu lebih banyak, melalui evaluasi yang lebih baik dan lebih ketat dari program-program kemiskinan. Dalam arti sebenarnya di sini mencerminkan keadaan saat ini dari pekerjaan yang sedang berjalan. Tetapi meskipun bahkan program terbaik saat ini dapat sangat ditingkatkan, terutama karena teknologi dan pengetahuan tentang masalah kemiskinan dan kunci peningkatan kemampuan, cukup tahu untuk memastikan bahwa dapat mengakhiri kemiskinan global di zaman kita.

Kemiskinan terkenal sulit untuk didefinisikan karena definisi tersebut sering melayani kewajiban hegemonik. Kapitalisme dan negara biasanya mendefinisikan kemiskinan menggunakan metrik ekonomi yang dengan sengaja mengurangi jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan, dan menutupi kekerasan struktural yang dialami oleh orang-orang yang hidup di bawah atau di atas garis kemiskinan.

Mengkritik perkiraan resmi kemiskinan adalah penting bagi perjuangan untuk menggambarkan biaya sebenarnya dari kapitalisme, melegitimasi narasi mementingkan diri sendiri sebagai cara yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan material rakyat, meningkatkan kesadaran akan semakin banyak orang yang mereka kenal sedang digerakkan oleh sistem ekonomi ini, dan memenangkan komitmen politik mereka untuk opsi anti-kapitalis atau sosialis. Tapi masalah yang lebih penting dengan pengurangan kemiskinan ke tingkat pendapatan adalah cara di mana tingkat pendapatan menutupi penindasan struktural tidak dibuat eksplisit oleh pendapatan (rasisme, seksisme, kemampuan, dan sebagainya), dan gerakan ideologis dicapai dengan menetapkan standar minimum. Garis kemiskinan menyembunyikan kekerasan struktural kapitalisme, seperti yang dihasilkan oleh kapitalisme bencana ekologis, dan melegitimasi perampasan dan penderitaan jutaan orang tanpa mengandung kekayaan dan akumulasi kekuatan kelas penguasa.

Garis kemiskinan mengatakan, selama jumlah orang yang dapat diterima menghasilkan jumlah uang yang dapat diterima — tidak peduli seberapa memalukan dan melemahkan kerja mereka, tidak peduli bagaimana kondisi kerja dan kehidupan mereka memburuk dari distribusi sumber daya, tidak peduli berapa banyak sistem ekonomi membuat mereka kehilangan hak pilihan — sistem itu berfungsi.

Selain penciptaan subyek yang miskin dan tertindas secara internasional, akibat langsung dari aparat kolonial seperti industri ekstraktif dan pabrik-pabrik keringat, kapitalisme menghasilkan prakarsa ekonomi, peningkatan angka kesakitan dan kematian, dan bentuk-bentuk perampasan aktif seperti tunawisma, di dalam negeri. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggambarkan “kemiskinan ekstrem” sebagai “pembunuh paling kejam di dunia dan penyebab penderitaan terbesar di dunia”; orang miskin lebih mungkin untuk menderita berbagai komplikasi kesehatan mental dan fisik, yang menyebabkan tingkat kematian beberapa kali lebih tinggi daripada orang kaya.

Kapitalisme menghasilkan kondisi-kondisi kewaspadaan di mana orang-orang yang sangat miskin tidak memiliki tempat berteduh. Untuk membuat orang kehilangan tempat tinggal, miskin, dan genting, kapitalisme menggabungkan mekanisme pasar spekulatif, keseharian pendudukan polisi, dan transformasi ruang kota menjadi kantong konsumsi.” Kecenderungan ini semakin cepat dalam konteks urbanisasi global, meningkatnya kesenjangan kekayaan, dan dampak perubahan iklim global. (*)