banner 160x600
banner 160x600
ADV Space 970x250

Kasdam XVIII/Kasuari Terima Kunjungan BNPT

Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Ferry Zein menerima kunjungan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di ruang kerja Kasdam

MANOKWARI, BeritaBhayangkara.com – Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Ferry Zein didampingi Asintel Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Kav Urip Prihatman menerima kunjungan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNP), Senin (9/11/2020) di ruang kerja Kasdam, Makodam XVIII/Kasuari, Triokra Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Para personel BNPT yang melakukan kunjungan silaturahmi ke Markas Kodam XVIII/Kasuari tersebut adalah sebagai ketua rombongan Dr. Hj. Andi Intang Dulung, M.Hi (Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT) bersama Letkol Laut Setyo Pranowo (Kasi Partisipasi Masyarakat BNPT), Teuku Fauzansyah (Plt. Penelitian BNPT), Siti Hajar dan Allhen Diegho Sauna (Staf di BNPT).

Usai kegiatan, Dr. Andi Intang mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah diterima di Papua Barat dan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan mereka (BNPT).

“Kami datang untuk silaturahmi ke Kodam XVIII/Kasuari. Kami dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme tadi juga menyampaikan ke bapak Kasdam bahwa kami merencanakan pembentukan forum koordinasi pencegahan terorisme Provinsi Papua Barat dan kami berkoordinasi awal dengan pimpinan daerah, antara lain bapak Gubernur, kemudian Kapolda dan Pangdam XVIII/Kasuari. Dari kunjungan tersebut, kami mohon dukungan dari Pemerintah Daerah termasuk aparat TNI-Polri dalam rangka pembentukan forum koordinasi pencegahan terorisme di Provinsi Papua Barat ini. Di 32 provinsi sudah terbentuk, jadi yang belum adalah di Papua dan Papua Barat,” katanya.

Harapan kami, ketika ini terbentuk, walaupun daerah Papua Barat dianggap aman dari persoalan terorisme tetapi kami berada di posisi pencegahan, jadi jangan sampai terjadi. Kalau misalnya belum tersebar atau belum ada bibit-bibit radikal, maka hal itu harus diwaspadai dan perlu diadakan pencegahan,” sambungnya.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme adalah sebuah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penanggulangan terorisme. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, BNPT dikoordinasikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. BNPT dipimpin oleh seorang kepala yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

(Pendam XVIII/Ksr)