banner 160x600
banner 160x600
ADV Space 970x250

Penyerahan Skop Sebagai Isyarat Dimulainya TMMD Ke-104

Pembukaan upacara Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1016/Palangka Raya hari ini resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Palangka Raya Ibu Umi Mastikah

PALANGKARAYA, BeritaBhayangkara.com – Pembukaan upacara Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1016/Palangka Raya hari ini resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Palangka Raya Ibu Umi Mastikah. Dengan mengusung tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional. Di lapangan SDN 1 Kalampangan, kec.Sabangau, Kodya Palangka Raya. Selasa (26/2/19).

Wakil Wali Kota Palangka Raya mengatakan, diselenggarakannya TMMD adalah untuk mewujudkan ruang juang, alat juang, kondisi juang dan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik bersifat fisik maupun non fisik dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif agar terwujudnya stabilitas keamanan di wilayah Kalteng. TMMD merupakan bagian dari program operasi Bhakti TNI.

Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin ini, merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

“TMMD disusun dengan sistem Bottom Up Planning yaitu melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat, secara hirarkis yang diawali dengan musyawarah ditingkat desa hingga tingkat Provinsi untuk kemudian selanjutnya ditetapkan menjadi program TMMD,” ujar Wakil Wali Kota.

Selain itu, sasaran kegiatan fisik diutamakan untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang betul-betul menjadi kebutuhan dan dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama untuk membuka isolasi daerah terpencil guna meningkatkan roda perekonomian masyarakat di daerah. Sedangkan sasaran kegiatan non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam membangun daerahnya menuju kehidupan sosial masyarakat yang lebih maju, sejahtera dan mandiri,” ucap Wakil Wali Kota.

Oleh karenanya, peranan dan kerjasama yang sinergis antar stakeholder, baik kementerian, atau lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMD maupun swasta serta partisipasi aktif masyarakat, menjadi penentu keberhasilan TNI Manunggal Membangun Desa.

Untuk itu, kepada semua pihak hendaknya senantiasa melaksanakan koordinasi secara intensif dan berkesinambungan dengan unsur terkait lainnya, sehingga kendala dan permasalahan yang dihadapi di lapangan dapat dipecahkan secara bersama. Upaya dan tekad pemerintah dalam membangun negara dan bangsa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, membutuhkan dukungan kita semua.

“Untuk memperkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat, maka kepada Dansatgas TMMD kali ini, saya tekankan agar mengoptimalkan program TMMD sebagai salah satu langkah nyata dalam mendukung Serbuan Teritorial, sehingga TNI dapat semakin mencintai dan dicintai oleh rakyatnya,” tutur Wakil Wali Kota mengakhiri.

Pewarta : Putri