Akreditasi Unggul Prodi Ekonomi Pertahanan Universitas Pertahanan Republik Indonesia TA. 2022/2023

Program Studi S2 Ekonomi Pertahanan UNHAN RI telah dinyatakan resmi mendapat peringkat UNGGUL dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
banner 120x600

JAKARTA, BeritaBhayangkara – Kabar gembira datang dari Program Studi Ekonomi Pertahanan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan Republik Indonesia. Mulai tanggal 27 Juni 2023 Program Studi S2 Ekonomi Pertahanan UNHAN RI telah dinyatakan resmi mendapat peringkat UNGGUL dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Peringkat unggul merupakan peringkat akreditasi tertinggi yang diperoleh perguruan tinggi atau program studi yang memenuhi kriteria akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Adapun syarat-syarat diraihnya predikat Unggul adalah Lembaga pendidikan telah melakukan pengisian borang yang diberikan oleh tim asesor, terpenuhinya standar Akreditasi, melakukan perbaikan terhadap evaluasi Akreditasi sebelumnya, melakukan kontrol mutu menggunakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi (SAPTO), dan meningkatkan kompetensi tim Akreditasi lembaga pendidikan.

Kepala Program Studi (Kapordi) S2 Ekonomi Pertahanan Kolonel Laut (E) Dr. Lukman Yudho Prakoso, S.IP., M.A.P. mengungkapkan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari doa, kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak yang telah banyak meluangkan waktu dan pemikiran bagi proses akreditasi yaitu Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, M.Sc., DESD., ASEAN Eng. selaku rektor UNHAN RI; Wakil Rektor I; Wakil Rektor II; Wakil Rektor III; Wakil Rektor IV; Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan; Wakil Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan; Kepala LP3M Unhan RI; Para dosen Ekonomi Pertahanan khususnya Prof. Dr. Ir. H. Surachman Surjaatmadja, M.M. selaku Ketua Tim.

“Ada juga, Kolonel. Dr. Guntur, Sakum, Rizki Putri serta mahasiswa Ekonomi Pertahanan Cohort 12 yang sudah diwisuda tahun ini, Juliana dan Junin, Mahasiswa Cohort 13 yang masih dalam mengikuti perkuliahan yaitu, Mahasiswi Ria Anggun, Mahasiswa Mayor Cku Ari Dwiyono, Mahasiswa Mayor Tri Yulianto yang dikoordinir oleh Mahasiswa Kolonel Czi.Cosmas MD selaku Asisten Kaprodi bidang Kurikulum, dan Mahasiswa M Asa’ari Yusuf yang membantu menyusun naskah Konvesi akreditasi Ekonomi Pertananan unggul,” kata Kolonel Laut (E) Dr. Lukman Yudho Prakoso, S.IP., M.A.P, Sabtu (1/7).

Selaku Kapordi, Kolonel Laut (E) Dr. Lukman Yudho Prakoso, S.IP., M.A.P. juga mengucapkan terima kasih kepada insan Media yang selama ini turut andil dalam pemberitaan program-program kegiatan Prodi Ekonomi Pertahanan.

Prodi Ekonomi Pertahanan Unhan merujuk kepada Keputusan Mendiknas RI Nomor: 196/E/O/2011 tanggal 7 September 2011 tentang Penyelenggaraan Program-Program Studi pada Universitas Pertahanan Republik Indonesia di Jakarta. Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang ekonomi pertahanan, yaitu ilmu yang mempelajari aspek-aspek ekonomi yang berkaitan dengan kebijakan pertahanan negara.

Sejarah Program studi (prodi) Ekonomi Pertahanan Universitas Pertahanan Indonesia dimulai di Jakarta, Senin Tanggal 9 Agustus 2010, sebagai Hasil Kerjasama Universitas Pertahanan Indonesia dengan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang menyelenggarakan Prodi itu pada awal pembentukannya. Dekan FEUI pada saat itu Prof Firmanzah menjelaskan, prodi pertahanan ekonomi mengombinasikan aspek keamanan dari sisi ekonomi untuk menyusun langkah strategi mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara lain.

Sedangkan PLT Rektor Unhan saat itu, Mayor Jenderal Syarifudin Tippe menjelaskan, program studi ekonomi pertahanan bertujuan mengimplementasikan kekuatan empati (heart), kecerdasan (smart), dan kelembutan (soft). (*)